Minggu, 18 November 2012

Macam-Macam Bungkus Produk



Macam-Macam Bungkus Produk
Agar produk dan kemasannya dapat memiliki daya jual yang tinggi, beberapa bentuk pengemasan dilakukan oleh perusahaan. Bungkus yang dipergunakan oleh perusahaan untuk sesuatu produk dalam rangka meningkatkan kegiatan pemasaran dan meningkatkan omzet penjualan adalah sebagai berikut:
·         Pengemasan Kaleidoskopik
Bungkus kaleidoskopik adalah merupakan pembungkus secara menyeluruh, terhadap produk yang dibungkusnya. Bungkus kaleidoskopik sangat menarik konsumen, karena menerangkan tentang:
a.       Unsur-unsur yang sangat penting dari produk itu
b.      Kegunaan produk tersebut
c.       Bagaimana cara memakainya
d.      Akibat sampingan dari produk tersebut
Pembungkusan ini dibuat sedemikian rupa sehingga orang akan membeli isinya, walaupun yang diinginkan adalah kemasannya. Contoh beberapa produk susu bubuk, dalam kemasannya terdapat kertas karton komik bersambung. Anak- anak selain memerlukan susunya, mereka dapat membaca komik tersebut.
Contoh Gambar Produknya
 
·         Bungkus guna ganda ( dual use packaging )
Bungkus guna ganda adalah bentuk kemasan dimana setelah isinya dimanfaatkan, konsumen dapat memanfaatkan kemasan yang pada dasarnya kemasan tersebut adalah produk lain yang dijadikan wadah/tempat. Ada keuntungan dari bungkus guna ganda yaitu selain memperoleh laba dari isinya, juga dapat memperoleh laba dari bungkusnya.
Contoh: Sabun cuci deterjen yang dikemas dalam sebuah ember plastik, biskuit yang dikemas dalam sebuah stoples dan yang lainnya. Melalui cara ini produsen akan mendapat dua keuntungan yakni dari penjualan produk dan keuntungan dari menjual wadah ember atau stoples tersebut.
Contoh Gambar Produknya.
    

·         Bungkus berisi ganda ( multiple packaging )
Bungkus berisi ganda adalah model pengemasan dimana dalam satu tempat/wadah kemasan terdapat beberapa jenis barang yang saling berkaitan. Maksud bungkus berisi ganda adalah agar para konsumen tidak hanya membeli satu jenis produk saja, Misalnya dalam kemasan pasta gigi terdapat sikat gigi, dalam kemasan cairan pembersih lantai terdapat kain pel dan sebagainya. Melalui cara ini konsumen tergerak untuk membeli karena mendapat bonus/tambahan barang.
Contoh Gambar Produknya.
             
·         Bungkus satuan (unit) atau pra pengepakan
Bungkus ini dalam bahasa inggrisnya disebut Unit packaging. Sedangkan bungkus pra pengepakan atau factory packaging adalah persiapan pembungkusan.Bungkus satuan (unit) adalah merupakan kumpulan dari beberapa potong atau buah produk dijadikan suatu kesatuan (unit) atau satu himpunan. Barang-barang yang perlu dibungkus di dalam satuan (Unit) misalnya produk-produk pecah belah, seperti cangkir, tatakan dan tutup cangkirnya dibungkus menjadi satu (Unit). Dalam bungkus satuan (Unit) berisi beberapa macam suku cadang, misalnya motor, mobil, mesin jahit dan lain sebagainya. suku cadang produk tersebut, apabila sudah sampai di tempat tujuan dapat dirakit kembali menjadai produk utuh.
Contoh Gambar Produknya.
 
 

6 komentar: