SISTEM POLITIK INDONESIA
A.Makna Sistem Politik
1. Pengertian Sistem
Politik
a.Pengertian Sistem
Sistem
ialah sesuatu yang berhubungan satu sama lain sehingga membentuk satu kesatuan.
b. Pengertian Politik
Istilah politik
berasaldari bahasa Yunani polis atau Negara kota.Dari kata tersebut
berkembang istilah-istilah lain dalam berbagai
bahasa, seperti polity, politic, politics,political,dan policy. Pada
umumnya,politik diartikan sebagai bermacam-macam kegiatan dalam suatu Negara
(system politik) yang menyangkut proses penentuan tujuan-tujuan dari sisitem
itu dalam melaksanakan tujuan-tujuan.
c.Pengertian Sisitem
Politik
Sistem politik adalah
suatu mekanisme seperangkat fungsi atau peranan dalam struktur politik dalam
hubungannya satu sama lain yang menunjukkan suatu proses yang mengandung
dimensi waktu, yaitu masa lampau, kini, dan mendatang.
2.Unsur Sistem Politik
Dariulasan
singkat di atas bisa dikatakan bahwa dalam setiap system politik paling tidak
mencakup 3 unsur, yaitu:
a. fungsi integrasi dan
adaptasi terhadap masyarakat, baik ke dalam maupun ke luar,
b. penempatan
nilai-nilai dalam masyarakat berdasarkan kewenangan, dan
c. penggunaan kewenangan
atau kekuasaan, baik secara sah ataupun tidak.
3. Ciri-Ciri Sistem
Politik
Tentang
cirri-ciri system politik ini, David Easton dalam artikelnya yang sangat
terkenal, “An Approach to the Analysis of Political Sistems”, menemukakan empat
ciri:
a. Adanya unit-unit yang
membentuk system itu, sekaligus batas-batas pengaruhnya.
b. Adanya input dan
output, bisa dijelaskan bahwa untuk menjamin tetap bekerjanya suatu
sistem
diperlukan serangkaian input yang bersifat tetap.
c. Adanya jenis dan
tingkat diferensiasi dalam system dimana suatu system politik harus
menjalankan
pekerjaan bermacam-macam dalam waktu yang terbatas.
d. Adanya tingkat
integrasi system politik yang mencerminkan pula tingkat efisiensinya.
4. Proses Politik
Proses politik itu
berjalan dariinput, berupa tuntunan kepentingan, diubah menjadi output, berupa
kebijaksanaan, yang selanjutnya melalui saluran umpan balik masuk kembali ke
dalam system politik dalam wujud tuntunan kepentingan baru.
B.
Sistem Politik di Indonesia
1. Komponen
Pendukung Sistem Politk Demokrasi di Indonesia
Di
dalam suatu kehidupan kenegaraan dengan system politik yang demokratis,
lazimnya selalu terdapat dua suasana tata kehidupan politik, yaitu
infrastruktur politik dan suprastruktur politik. Keduanya saling memberikan
interaksi, saling mempengaruhi, saling kerjasama, saling memberi dan menerima,
dan yang ideal adalah keduanya harus merupakan pasangan atau partner yang
serasi dan selaras di dalam membina dan mengembangkan serta mempertahankan suatu
system politik demokratis yang dianutnya.
- Infrastruktur Politik
Infrastruktur politik adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan kehidupan
lembaga-lembaga kemasyarakatan yang dalam aktivitas nya dapat mempengaruhi,
baik langsung maupun tidak langsung, lembaga-lembaga kenegaraan dalam
menjalankan fungsi serta kekuasaannya masing-masing.
1
Fungsi Infrastruktur Politik
a). sebagai pendidikan politik untuk
meningkatkan pengetahuan politik rakyat dan agar mereka dapat berpastisipasi secara
maksimal dalam system politiknya .
b). mempertemukan kepentingan yang
beranekaragam dan nyata-nyata hidup dalam masyarakat.
c). sebagai agregasi kepentingan,
yaitu menyalurkan segala hasrat atau aspirasi dan pendapat masyarakat kepada
pemegang kekuasaan yang berwenang agar tuntunan aatau dukungan menjadi
perhatian dan menjadi bagian dari keputusan politik.
d). menyeleksi kepemimpinan dengan
menyelenggarakan pemiihan pemimpin atau calon pemimpin bagi masyarakat.
e). sebagai komunikasi politik
dengan menghubungkan pikiran politik yang hidup dalam masyarakat, baik pikiran
intra golongan, institusi, asosiasi, ataupun sector kehidupan politik
masyarakat.
2
Komponen-komponen Infrastruktur
Politik
a). Partai Politik
Partai Politik
adalah organisasi manusia dimana di dalamnyaa terdapat pembagian tugas dan
petugas untuk mencapai sebuah tujuan
b). Golongan Kepentingan
Golongan
ini adalah sekelompok manusia yang bersatu atau mengadakan kegiatan karena
adanya kepentingan tertentu baik kepentingan umum maupun masyarakat . Kelompok
ini umumnya dapat dibedakan dalam bentuk-bentuk seperti berikut.
(1). Interest group asosiasi
(2). Interest group institusional
(3). Interest group non asosiasi
(4). Interest group yang anomic
c). Alat komunikasi politik
Alat
komunikasi yang dimaksud adalah surat kabar, bulletin, brosur, pemancar radio,
TV, atau media massa lainnya .
d). Tokoh Politik
Tokoh-tokoh
politik Indonesia yang termasuk criteria ini adalah Abdurahman wahid, Megawati,
Amin Rais, dan tokoh-tokoh lainnya.
- Suprastruktur politik
Suprastruktur politik adalah lembaga-lembaga kenegaraan yang lazimnya dinamakan
lembga-lembaga Negara atau alat-alat perlengkapan Negara .
1.
Suprastruktur politik di Indonesia
menurut UUD 1945 sebelum amandemen .
a) Majelis Permusyawaratan Rakyat
(MPR)
b) Dewan Perwakilan Rakayat (DPR)
c) Presiden dan Wakil presiden
d) Badan Pemeriksa Keuangan
e) Dewan Pertimbangan Agung
f) Mahkamah Agung
2. Suprastruktur politik di Indonesia
menurut UUD 1945 sesudah amandemen
a) Majelis Permusyawaratan Rakyat
(MPR)
b) Dewan Perwakilan Rakayat (DPR)
c) Presiden dan Wakil presiden
d) Badan Pemeriksa Keuangan
e) Dewan Perwakilan Daerah (DPD)
f) Mahkamah Agung
g) Mahkamah konstitusi
h) Komisi Yudisial
3 . Suprastruktur politik
menurut Konstitusi RIS (UUD RIS)
a). Presiden
b). Menteri menteri
c). Senat
d). Dewan Perwakilan Rakyat
e). Mahkamah Agung Indonesia
f). Dewan Pengawasan Keuangan
4 . Suprastruktur politik
menurut UUD 1950
a) Presiden dan
Wakil presiden
b) Menteri menteri
c) Dewan Perwakilan
Rakyat
d) Mahkamah Agung
e) Dewan pengawasan
keuangan
- Sistem Politik Negara Indonesia dari Waktu ke Waktu
Tinjauan kesejarahan terhadap penyelenggaraan demokrasi berdasar pada politik
yang berlaku di Indonesia sejak proklamasi kemerdekaan 17 08 45 menunjukkan
adanya tiga model pelaksanaan yang mempunyai warna sendiri.
- Masa Demokrasi Liberal
Masa ini berlangsung dari tahun 1945 sampai tahun 1959 dengan tiga model Undang
Undang Dasar sebagai dasar berpijak bagi praktek demokrasinya,
Hal ini berlangsung hingga berlakunya Konstitusi RIS dan UUDS 1950.
Dengan demikian, demokrasi liberal secara formal berakhir pada 5 juli 1959.
b. Masa Demokrasi Terpimpin
Pelaksanaan
demokrasi semacam ini menunjukkan pula beberapa segi Demokrasi Rakyat. Masa
pelaksanaan demokrasi ini berlangsung antara tahun 1959 sampai tahun 1965.
c. Masa pelaksanaan demokrasi antara tahun 1965 sampai 1998
1. Penyaluran tuntunan
2. Gaya politik
3. Kepemimpinan
4. Veteran dan Militer.
A.
Perbedaan Sistem Politik di Berbagai Negara
Sistem politik suatu Negara tidak ada yang sama satu
dengan yang lainnya,walaupun dasar falsafah negaranya sama.Kondisi ini bisa
terjadi karena system politik suatu Negara dipengaruhi minimal dua hal,yaitu
dasar falsafah Negara yang bersangkutan dan fenomena sosial Negara tersebut.
1.Sistem Politik di Inggris
a.Bentuk
Negara
Kerajaan Inggris adalah kerajaan yang tertua dan
paling terkenal di dunia,bentuk pemerintahan Inggris kurang jelas didefinisikan
dan agak sulit dipahami.
b.Konstitusi
Negara Inggris tidak mempunyai konstitusi
tertulis.Konstitusi ini memudahkan pemerintah untuk menyesuaikan tindakan
lembaga-lembaganya terhadap perubahan keadaan-keadaan dan tuntutan-tuntutan
tanpa mengalami kesulitan dalam prosedurnya.
c.Badan
Eksekutif
Badan ekksekutif terdiri dari raja yang kedudukannya
tidak dapat di ganggu gugat,serta kurang lebih 20 menteri yang bekerja atas
asas tanggung jawab menteri.Kekuasaan yang sebenarnya ada ditangan perdana
menteri yang memimpin para menteri.
Perbedaan
menteri berdiri sebagai pemimpin partai mayoritas dalam Majelis Rendah dan juga
sebagai ketua politisi-politisi partai yang duduk dalam badan eksekutif
sehingga secara pribadi perdana menteri mawakili gabungan kekuasaan legislatif
dan eksekutif.
Jadi,dapat
dikatakan bahwa perdana menteri Inggris mempunyai kekuasaan yang cukup
besar,yaitu:
1.memimpin kabinet yang anggotanya telah dipilihnya
sendiri,
2.memimbing majelis rendah
3.menjadi penghubung dengan raja/ratu,dan
4.memimpin partai
mayoritas
d.Peranan Parlemen
Parlemen
di Inggris terdiri dari dua kamar,yaitu majlis rendah (DPR) dan majelis tinggi.
1)
Majelis Rendah (House
of Commons)
Majelis ini beranggotakan kurang lebih 630 orang
dengan masa jabatan maksimal 5 tahun.Keunggulan badan eksekutif dan badan
legiskatif di Inggris adalah akibat dari disipin partai dalam majlis randah.
2)
Majelis Tinggi (House
of Lords)
Majelis tinggi Inggris satu-satunya di dunia yang
anggotanya berkedudukan secara turun temurun.Disamping itu ada anggota yang
ditunjuk untuk jabatan seumur hidup berdasarkan jasa-jasanya kepada
masyarakat.Jumlah anggotanya kira-kira 900 orang.
e.Sistem
Pemilu
Sistem pemilu di Inggris adalah system distrik,yaitu
system pemilihan yang didasarkan pada kesatuan geografis (yang biasanya disebut
distrik karena kecilnya daerah yang diliputi).
2.Sistem
Politik di Cina
Wilayah Cina menempati posisi geografis
yang penting dalam suatu wilayah di mana penduduknya adalah yang paling besar
di dunia.
a.Lembaga-lembaga
Politik
1)
Pada inti struktur yang
di sebut sebagai “organ wewenang legislatif satu-satunya dalam Negara”, adalah
Kongres Rakyat Nasional (KRN).KRN merupakan forum untuk
mempelajari,mendukung,dan mengesahkan tindakan-tindakan pimpinan pusat,
melambangkan dukungan disukai , tetapi badan hal itu tidak mempunyai kekuasaan
politik nyata.
2)
Organ administrasi
utama adalah Dewan Negara yang mengatur dan mengendalikan struktur
administrative dan bersama-sama dengan badan-badan tertinggi PKC
menyelenggarakan pemerintahan Cina.
3)
Mahkamah rakyat
tertinggi dan Kekuasaan Rakyat Tertinggi merupakan bagian terakhir kerangka
kerja pemerintaha pusat yang menentukan keduanya sebagai organ-organ
pengadilan, menyelidiki masalah dan memberikan putusan peradilan.
4)
Struktur pemerintahan
daerah di Cina pada dasarnya terdiri dari tiga tingkat pemerintahan
resmi-propinsi,kabupaten,dan desa ditambah berbagai unsur lain dibawah atau
diantara tingkat-tingkat ini.
5)
Tentara Pembebasan
Rakyat (TPR) merupakan organ penting ketiganya dalm struktur politik nasional
di Cina.Kekuasaan TPR secara
konstitusional diserahkan kepada Kementrian Pemerintahan Nasional dalam Dewan
Negeri.
6)
Sistem kepartaian .
Sistem satu partai ini tidak sesuai dengan asas Negara demokrasi karena warga
tidak mempunyai alternatif penyaluran aspirasi.
b.Pembuatan dan Pelaksanaan Kebijaksanaan
Secara
formal,pembuat keputusan paling tinggi dalam system politik Cina adalah
PKC.Namun demikian,kekuasaan pembuatan keputusan tertinggi ada di tangan
Politbiro PKC dan Komite Tetap.
3.Sistem
Politik di Jepang
a.Sistem
Parlemen Jepang
Jepang termasuk Negara yang menganut system perwakilan
bicameral atau system perwakilan dua kamar.Diet adalah pusat kegiatan politik
Jepang yang merupakan lembaga yang memegang kedaulatan rakyat Jepang dan
satu-satunya organ pembuat UU atau badan legislative.Sedangkan raja adalah
symbol atau lambing negra dan kesatuan bangsa.
Diet
berhak memilih perdana menteri.Perdana menteri memilih anggota-anggota kabinet
lainnya,tetapi karena perdana menteri dipilih oleh diet maka ia tidak memiliki
anggota kabinetnya.
1)
Majelis Tinggi (House of Concilors)
Separuh dari anggota majelis tinggi yang berjumlah 252
orang dipilih setiap tiga tahun untuk masa tugas enam tahun.
2)
Majelis Rendah (House
of Representative)
Anggota Majelis Rendah dipilih untuk masa jabatan empat
tahun.Perdana menteri bisa menolak dengan membubarkan majelis rendah dan
diadakan pemilihan umum.
Majelis Rendah memiliki kekuasaan lebih besar daripada
majelis tinggi dengan suara mayoritas dua pertiga.
b.Sistem
Pemilu
Pemilu diadakan berdasarkan system distrik,tetapi
setiap pemilih hanya boleh memilih satu orang calon tertentu,bukan sebuah
partai.Sistem ini juga membuahkan hasil yang lebih stabil disbanding system
lain.
c.Sistem Kepartaian
Partai-partai yang ada di Jepang adalah sebagai
berikut.
1)
Partai Demokrasi
Liberal sebagai partai paling konservatif dan pro-bisnis
2)
Partai Sosialis sebagai
yang sangat tergantung pada serikat-serikat buruh
3)
Partai Sosialis
Demokrat sebagai yang banyak tergantung pada Domei.
4)
Komeito sebagai yang
memperoleh sebagian besar dari anggota Soka Gakkai.
5)
Partai Komunis sebagai
yang mendasarkan diri pada serikat-serikat buruh tertentu dan sekelompok kaum
komunis yang kecil dan teguh.
d.Proses
Pembuatan Keputusan
RUU
pertama kali harus memperoleh persetujuan Komite Penelitian secara keseluruhan
di bawa ke Dewan Eksekutif partai.Dari sini,RUU itu dibawa ke Biro Legislatif
di bawah Kabinet .RUU itu kemudian siap untuk di setujui oleh Kabinet dan di
ajukan ke Diet,dimana dijamin akan di dukung oleh partainya dan karenanya
berkemungkinan besar menjadi Undang-undang.
Sands Casino Resort - New Orleans, LA
BalasHapusLocated just 20 minutes from the 샌즈카지노 Boardwalk on the Boardwalk, Sands Casino Resort is one of LA's most popular stops for all you need 온카지노 for a gaming 1xbet experience